Program Studi Biologi Universitas Samudra didirikan berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 361/E/O/2014 tanggal 27 Agustus 2014. Salah satu alasan dibuka Program Studi Biologi di Universitas Samudra tersebut adalah karena perlunya suatu lembaga yang khusus menangani ilmu-ilmu dasar. Disamping itu, disadari pula bahwa pembangunan dan kehidupan modern memerlukan ilmu-ilmu dasar yang kuat untuk menunjang ilmu-ilmu terapan.

Program Studi Biologi secara struktural masih berada di bawah Fakultas Teknik. Kepemimpinan pada tahun 2015 dipimpin oleh seorang Koordinator MIPA yang mengkoordinir Program Studi Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika yaitu Bapak Adi Bejo Suwardi, S.S.i., M.Si berdasarkan SK Rektor Universitas Samudra Nomor 191/UN54/KP/2015 terhitung sejak tanggal 13 Oktober 2015. Selanjutnya pada tahun 2016 setiap program studi sudah memiliki koordinator prodi masing-masing. Program Studi Biologi dipimpin oleh Bapak Zulfan Arico, S.Si., M.Si berdasarkan SK Rektor Universitas Samudra Nomor 69/UN54/KP/2016. Kepemimpinan Program Studi Biologi selanjutnya adalah Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si, M.Si berdasarkan SK SK Rektor Universitas Samudra Nomor 335/UN54/KP/2017 terhitung sejak 20 November 2017.

Program Studi Biologi Universitas Samudra melaksanakan pendidikan dengan menggunakan kurikulum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi sehingga akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan penguasaan konsep biologi modern dan memiliki kemampuan life skill dalam bidang biologi. Konsep biologi modern terfokus pada prinsip dan topik biologi kontemporer yang berkontribusi pada pemecahan permasalahan biologi saat ini dan masa depan. Program Studi Biologi Universitas Samudra memiliki staf pengajar berjumlah 12 orang lulusan universitas ternama di Indonesia seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Sumatera Utara (USU) sehingga sangat mendukung berjalannya proses belajar mengajar dengan baik yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing secara global.