Langsa, 30 April 2022. – Kabar gembira didapat oleh Prodi Biologi UNSAM. Kali ini, kabar datang dari hasil penilaian proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat internal UNSAM.

Tiga usulan penelitian yang diketuai masing-masing oleh Vivi Mardina, Zulfan Arico, dan Zidni Ilman Navia akan menjadi penelitian yang didanai oleh UNSAM. Salah satu yang paling jarang dilakukan di Indonesia adalah kajian bakteri termofilik, yang berasal dari kawasan air panas di Aceh Timur. Vivi Mardina yang mengetuai penelitian tersebut akan mengkaji potensi antibiotik dan enzim dari bakteri air panas.

Mata air panas di Serbajadi, Aceh Timur. Foto: Zulfan Arico.

Selanjutnya, Zidni Ilman Navia, koordinator PS Biologi, akan mengkaji buah-buahan dari genus Rubus atau kita kenal sebagai stroberi hutan di Aceh. Kerabat jauh dari mawar ini merupakan tumbuhan berpotensi untuk buah. Penelitian akan dilakukan di Aceh, daerah di mana eksplorasi keragaman jenis ini secara umum belum banyak dilakukan.

Tidak kalah menarik adalah penelitian yang diketuai oleh Zulfan Arico. Penelitian dengan tema ekologi dan konservasi bunga jeumpa di Aceh ini dapat dikatakan pionir di Aceh. Sampai saat ini, puspa daerah untuk Provinsi Aceh tersebut belum banyak dikaji baik ekologi dan pelestariannya. Harapannya, penelitian ini bisa menyumbang penggalian potensi sekaligus pencegahan kepunahan ragam bunga jeumpa di Aceh.

Bunga jeumpa (Magnolia champaca) sebagai flora identitas atau puspa daerah Provinsi Aceh. Foto: W.A.Mustaqim.

Sementara itu, kabar gembira juga diterima untuk program pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program yang menarik adalah kajian klasik prodi Biologi di Desa Cinta Raja yang diketuai oleh Zulfan Arico. Program ini akan menjadi salah satu dari sekian aktivitas rutin di salah satu ikon ekowisata Kota Langsa.

Dua usulan kegiatan lain terkait dengan budidaya perikanan. Satu kegiatan yang diketuai oleh Andri Yusman Persada, akan menerapkan penggunaan pakan probiotik. Masih terkait dengan pakan ikan, Beni Al Fajar, akan menerapkan teknologi pakan otomatis.

Selain itu, program terkait makanan juga dikembangkan oleh dua dosen lainnya. Vivi Mardina akan melaksanakan program pengembangan yogurt susu kambing di Langsa. Sementara itu, Kartika A. Putri juga akan mengembangkan produk tempe gambus.

Tiga kegiatan penelitian dan enam pengabdian kepada masyarakat akan menjadi kontribusi nyata prodi Biologi di ranah ilmu pengetahuan dan memajukan masyarakat.

5 1 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
1 Komentar
Terlama
Terbaru Paling banyak di-voting
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar
Z Arico

Semoga semakin sukses.. jaya..jaya..jaya..