Langsa – Pada Sabtu, 11 Desember 2021, Prodi Biologi menggelar kuliah lapangan pada mata kuliah Sistematika Hewan Vertebrata dan Planktonologi  dengan dosen pengampu mata kuliah Kartika Aprilia Putri S.Pd.,M.Si, Herlina Putri Endah Sari, S.Si.,M.Sc., dan Andri Yusman Persada, S.Pd.,M.Sc. Kuliah Lapangan dilaksanakan di Desa Cinta Raja Kecamatan Bendahara Aceh Tamiang. Desa Cinta Raja terletak diwilayah pesisir  laut timur Aceh dimana terdapat muara sungai dan tambak ikan dan udang yang dikelola oleh masyarakat desa.dan bekerjasama dengan BUMG. Peserta yang mengikuti kegiatan merupakan seluruh mahasiswa biologi angkatan 2019 yang mengambil mata kuliah sistematika hewan vertebrata.

 

 

Dosen pengampu mata kuliah menyampaikan petunjuk tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan di lapangan dan metode praktikum dalam mengambil sampel yang diinginkan. Memahami dan menerapkan metode praktikum merupakan hal penting dalam penelitian agar data yang didapat akurat dan terukur dengan baik.

Peserta kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan materi yang ada pada mata kuliah sistematika hewan vertebrata dan Planktonologi. Kelompok I mengamati tentang kelompok hewan Pisces, kelompok II Reptil dan Ampibi, Kelompok III Aves dan kelompok IV mamalia, sedangkan untuk kelompok Planktonologi mengambil sampel plankton dan makrozoobentos yang terdapat di aliran sungai yang ada, baik di bagian hulu, tengah dan hilir sungai.

Sampel yang didapat langsung dikoleksi dan dibawa ke Laboratorium Dasar Universitas Samudra untuk diamati dan diidentifikasi. Identifikasi dilakukan berdasarkan buku panduan identifikasi dan dari jurnal ilmiah. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui jenis hewan apa saja yang terdapat di Desa Cinta Raja. Data hasil pengamatan nanntinya akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan kuliah lapangan ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam melakukan penelitian di lapangan, menerapkan materi yang telah dipelajari dalam teori selama perkuliahan dan melatih softskill mahasiswa biologi agar siap dalam menghadapi penelitian akhir.

Rangkaian acara kuliah lapangan diikuti oleh mahasiswa dengan sangat baik. Di akhir acara, dosen pembimbing memberikan pesan tentang banyak hal terkait apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan adanya kuliah lapangan. Ini melengkapi beberapa poin yang menjadi penekanan, terutama terkait mata kuliah sistematika hewan vertebrata dan planktonologi  dalam penelitian-penelitian terkait di Prodi Biologi. Dan tentunya, identifikasi hewan merupakan suatu komponen kunci dalam mewujudkan visi misi Prodi Biologi untuk mengungkap keanekaragaman hayati Sumatera.

0 0 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar