Abdidaya merupakan ajang apresiasi dari berbagai program pengabdian dan pemberdayaan desa, meliputi PHP2D, Wira Desa, dan P3D. Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), serta Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Serangkaian kegiatan Abdidaya terdiri dari penilaian luaran, wawancara, virtual expo, sarasehan, semiloka nasional dan malam penganugerahan penghargaan “Adidharma Sahwahita”.

Abdidaya 2021 ini diikuti oleh peserta dari 113 Perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sebanyak 240 tim yang ikut serta dibagi dalam 6 skema yaitu 4 skema PHP2D, 1 skema P3D, dan 1 skema Wiradesa. Penjurian diselenggarakan secara daring via Zoom Meeting pada 2 Desember 2021 lalu dan malam puncaknya pada 6 Desember 2021 diselenggarakan secara hybrid. Selain penilaian terhadap para nominator, penilaian bagi poster terbaik, juara favorit serta juara umum juga diadakan.

Tim PHP2D HIMABIO Universitas Samudra yang sebelumnya telah masuk dalam nominasi pada Kategori Ormawa berhasil meraih Juara III pada Program Abdidaya 2021 (PHP2D skema 4).

“Tidak ada pemenang dalam lomba ini, karena semuanya adalah pemenang, memenangkan hati masyarakat desa, memenangkan hati para mitra,” ucap Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Adanya pencapaian ini menambah catatan prestasi mahasiswa Biologi Universitas Samudra. Diharapkan kedepannya prestasi ini juga terdapai di berbagai kegiatan nasional lainnya.

“Semoga apa yang telah dicapai saat ini dapat menjadi acuan dan motivasi bagi mahasiswa prodi Biologi khususnya untuk semangat belajar, berkarya, dan membawa HIMABIO menjadi UKM yang dapat bermanfaat bagi banyak orang, sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pungkas Asri Maulana, salah satu anggota tim.

 

4 2 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar