HIMABIO UNSAM dan Dosen Pendamping terpilih menjadi Nominator dalam program Abdidaya 2021

Abdidaya menjadi puncak dari program pengabdian, organisasi kemahasiswaan, mitra desa, dosen pendamping, Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dan Program Wirausaha Desa (Wira Desa). Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), dengan tema “Mewujudkan Semangat Gotong Royong Mahasiswa Membangun Desa sebagai Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” dan ikuti oleh 113 nominator perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan IPB University sebagai tuan rumah penyelenggara. Tujuan kegiatan ini ialah mengapresiasi kinerja stakeholder pelaksana kegiatan kemahasiswaan bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Pada kegiatan kali ini, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Universitas Samudra lolos menjadi top 40 organisasi mahasiswa terbaik, sebagai Nominator pada kategori Organisasi Mahasiswa. Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si., M.Si. turut masuk sebagai Nominator pada kategori dosen pendamping berkat kegiatan PHP2D.

Serangkaian dari kegiatan abdidaya ini diawali dengan sosialisasi dan penyampaian indikator penilaian, pengumuman nominator, pengumpulan output abdidaya, pembukaan kegiatan, tahap penjurian, sarasehan forum bina desa tingkat nasional, semiloka nasional, virtual expo, serta penutupan dan malam penganugerahan. Dimana ini telah berlangsung sejak Oktober 2021 hingga penutupan dan malam penganugerahan pada 6 Desember mendatang.

Kagiatan Wawancara Kategori Dosen Pendamping

Menjadi sebuah rasa syukur dan kebanggaan untuk dapat lolos menjadi nominator dalam ajang yang yang sangat luar biasa. Para pemberdaya masyarakat diuji tanding dan ditantang untuk dilihat seberapa berdampaknya program yang dijalankan kepada desa binaan melaui luaran-luaran yang inovatif dan kolaboratif.

“Alhamdulillah, ini seperti kado akhir tahun bagi kami. Kami sangat bersyukur telah sampai pada tahap yang sejauh ini. Kami akan terus berupaya melakukan yang terbaik untuk setiap kesempatan yang kami terima.” tutur Sandry Maulijar, ketua TIM PHP2D HIMABIO UNSAM.

 

 

2 1 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar