TIM PHP2D HIMABIO UNSAM melaksanakan pelatihan pemasaran produk kepada Kelompok Pengolah Hasil Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 23 November 2021 bertempat di Balai Serba Guna Desa Paya Udang. Diawali dengan pembukaan oleh Dea Utami selaku MC, Ibu Ellyana Hastuti, S.P dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Aceh Tamiang menyampaikan materinya. Kegiatan ini disertai dengan diskusi dan tanya jawab, serta ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Kegiatan yang berlangsung lebih kurang selama dua jam ini turut menambah pengetahuan dan pemahaman Kelompok Pengolah Hasil Desa Paya Udang. Pentingnya memanajemen usaha olahan ikan nila yang harus memperhatikan berbagai poin. Termasuk di dalamnya adalah pengelolaan stok bahan baku, memperhatikan pengelolaan keuangan, memperhatikan pengelolaan manajemen pemasaran, pengelolaan aset, dan pengelolaan produksi bahan.

Pemasaran produksi olahan ikan nila kita harus mengikuti segmen pasar yang menjadi target usaha kita. Setelah itu, target pasar dari hasil produksi kita tersebut juga harus ditentukan. Strategi Pemasaran tidak hanya dilakukan secara offline tetapi juga bisa dilakukan secara online. Strategi pemasaran secara online bisa melalui media sosial sebagai media promosi. Dalam menjalankan usaha bisnis bidang kuliner, masyarakat harus memperhatikan komposisi. Komposisi dan cita rasa juga menentukan bagaimana usaha kita kedepannya. Kebersihan dan kejujuran dalam mengelola usaha merupakan salah satu kunci kesuksesan kita berbisnis.

 

TIM PHP2D HIMABIO UNSAM Gelar Pelatihan Pemasaran Produk Hasil Panen Ikan Nila di Desa Paya Udang, Aceh Tamiang

Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik dan diharapkan dapat memberi peningkatan manajemen maupun pengetahun bagi kelompok Pengolah Hasil Desa Paya Udang. Ke depannya, pelaksanaan kegiatan produksi dan pemasaran produk olahan ikan nila serta dapat menjadi produk unggulan daerah. Pemikiran semacam ini dapat menjadi salah satu upaya peningkatan perekonomian di Desa Paya Udang, Aceh Tamiang.

5 2 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar