Langsa – Pada hari Rabu 2 November 2021, TIM PHP2D Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Universitas Samudra sukses melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan hasil panen ikan nila di Balai Serba Guna, Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

TIM PHP2D HIMABIO sukses melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan hasil panen ikan nila di Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Dea Utami selaku ketua tim pelaksana kegiatan dan dihadiri oleh Ibu Ketua PKK beserta Anggota Tim Pengolah Hasil Desa Paya Udang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Milfa Aini selaku MC, dilanjutkan dengan penyampaian teknik pelaksanaan kegiatan dan memasuki acara puncak yaitu peserta mengikuti proses pembuatan kerupuk dan stik ikan nila.

 

Foto kegiatan menggoreng stik dari olahan ikan nila

 

Adanya pelatihan pengolahan ikan pasca panen ini menjadi salah satu target dari kegiatan pemberdayaan. Hasil dari kegiatan budidaya masyarakat tidak hanya dijual dalam keadaan mentah ke pasar, namun memberi kesempatan pemberdayaan perempuan untuk mengolah hasil panen menjadi produk yang bernilai ekonomis. Utamanya untuk memenuhi kebutuhan harian. Disamping itu, sejalan dengan tujuan memajukan desa kiranya produk olahan ini dapat terus dikembangkan, tidak hanya kerupuk dan stik ikan namun dapat berupa nila sale atau makanan lainnya.

 

Foto bersama Tim PHP2D Himabio dengan Tim Pengolah Hasil Desa Paya Udang

 

“Semakin kita fokus dengan potensi yang ada, maka tidak ada kata mustahil produk-produk olahan ikan nila hasil budidaya di Desa Paya Udang ini dapat membuka pasarnya sendiri dan menjadi oleh-oleh khas yang dapat kita banggakan dan wariskan kelak” kata Dea Utami diakhir penutup pelaksanaan kegiatan. Untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan kami lainnya, kunjungi instagram TIM PHP2D HIMABIO UNSAM (@php2d_himabiounsam).

5 1 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar