Langsa – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himabio Universitas Samudra di Desa Paya Udang melaksanakan kegiatan Pembukaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa. Dilaksanakanya kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tim PHP2D serta kegiatannya kepada masyarakat Desa Paya Udang serta Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang selama lima bulan kedepan.

Tim PHP2D Himabio Prodi Biologi Fakultas Teknik Universitas Samudra terdiri atas Sandri Maulizar (Ketua), dan 11 anggota tim lainya, Asri Maulana, Ramaidani, Milfa Aini, Dea Utami, Niswatul Khaira, Sindi Mahyuda, Nadia Karina, Naila Fauziah, Fadhilatun Nisak, Julia Ananda Dan Siti Fatimah Dewi Bancin. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Desa Paya Udang yang terletak di Kecamatan Seruway terletak di sebelah Sungai Tamiang, lokasi PHP2D ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi desa tambak ikan air tawar karena memiliki 43 titik kolam ikan air tawar yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat terkait budidaya ikan, pemenuhan pakan yang dibutuhkan dalam budidaya ikan, serta perawatan kolam untuk melindungi ikan dari musuh alami seperti biawak dan ular. Tim PHP2D HIMABIO Unsam merumuskan solusi terkait permasalahan mitra dalam hal ini masyarakat Desa Paya Udang, yaitu perlunya pelatihan budidaya ikan air tawar, pembuatan pakan ikan, serta manajemen organisasi masyarakat.

 

0 0 nilai
Penilaian artikel
Berlangganan
Notifikasi dari
guest
0 Komentar
Umpan balik per baris
Tunjukkan semua komentar