Tim PHP2D Biologi UNSAM

Langsa – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himabio Universitas Samudra di Desa Paya Udang melaksanakan kegiatan Pembukaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa. Dilaksanakanya kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tim PHP2D serta kegiatannya kepada masyarakat Desa Paya Udang serta Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang selama lima bulan kedepan.

Tim PHP2D Himabio Prodi Biologi Fakultas Teknik Universitas Samudra terdiri atas Sandri Maulizar (Ketua), dan 11 anggota tim lainya, Asri Maulana, Ramaidani, Milfa Aini, Dea Utami, Niswatul Khaira, Sindi Mahyuda, Nadia Karina, Naila Fauziah, Fadhilatun Nisak, Julia Ananda Dan Siti Fatimah Dewi Bancin. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.
Desa Paya Udang yang terletak di Kecamatan Seruway terletak di sebelah Sungai Tamiang, lokasi PHP2D ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi desa tambak ikan air tawar karena memiliki 43 titik kolam ikan air tawar yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat terkait budidaya ikan, pemenuhan pakan yang dibutuhkan dalam budidaya ikan, serta perawatan kolam untuk melindungi ikan dari musuh alami seperti biawak dan ular. Tim PHP2D Himabio Unsam merumuskan solusi terkait permasalahan mitra dalam hal ini masyarakat Desa Paya Udang, yaitu perlunya pelatihan budidaya ikan air tawar, pembuatan pakan ikan, serta manajemen organisasi masyarakat.

Dalam acara Pembukaan Program PHP2D ini dihadiri oleh Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Wakil Bupati, Kepala Dinas Pangan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Aceh Tamiang, Camat Seruway, dan Datok Penghulu Desa Payang Udang beserta jajarannya, Dekan Fakultas Teknik Universitas Samudra, Koordinator Prodi sekaligus Dosen Pendamping PHP2D, serta masyarakat Desa Paya Udang dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan pada masa Pandemi Covid 19 secara ketat.

Rangkaian kegiatan di mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan sekaligus pelaporan oleh ketua Tim PHP2D Himabio/mewakili tim, kata sambutan oleh Ibu Dekan Fakultas Teknik Universitas Samudra, kata sambutan oleh Bapak Datok Penghulu Desa Paya Udang, , kata sambutan oleh Bapak Wakil Bupati Aceh Tamiang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi, penyerahan secara simbolis bibit ikan nila oleh Dinas Pangan, Perikanan, dan Kelautan Kab. Aceh Tamiang,  penyerahan plakat sebagai bentuk terima kasih dari Himabio atas dukungan dari pemerintah kabupaten dan pihak terkait dalam kegiatan PHP2D, pembacaan do’a, Sesi foto bersama, penutup dan makan siang bersama.

Kegiatan PHP2D Himabio Unsam memperoleh dukungan yang sangat positif dari pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Dinas terkait seperti bantuan bibit ikan nila sebanyak 4.000 ekor serta penyuluh perikanan dari Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan dan akan terus berlanjut setelah kegiatan PHP2D ini selesai.

Bantuan bibit ikan nila sebanyak 4.000 ekor telah diserahkan oleh pihak pemerintah kabupaten dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan kepada tim PHP2D Himabio, untuk diserahkan kepada Desa Paya Udang yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Desa dan didampingi pihak BUMK.

Penyerahan bibit ikan nila.

Bapak Tengku Syaifudin selaku Wakil Bupati Aceh Tamiang mengatakan “Saya mendukung kegiatan ini, perlu merubah mindset masyarakat, kalau bisa jadi Desa/Kecamatan percontohan”. Lalu bapak Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan mengatakan “kegiatan ini sangat kami dukung semoga kedepannya dapat berkelanjutan dan kami akan mendampingi kegiatan ini semoga kedepannya menjadikan Desa Paya Udang lebih baik dalam memanfaatkan potensi desa yang ada khususnya penghasil Ikan Nila”. Bapak Datok Penghulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim PHP2D karena dapat memfasilitasi dan membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi desa khususnya di bidang budidaya ikan air tawar. Dekan Fakultas Teknik Dr. Rita Sintya juga menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa perlu kerjasama yang sinergis antara pemerintah daerah, masyarakat, dan akademisi serta perlu pendekatan kepada masyarakat untuk merubah mindsetnya agar mau diarahkan untuk maju.

Foto bersama tim PHP2D Biologi UNSAM dan perangkat desa.

Kegiatan “Pembukaan Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa Oleh Himpunan Mahasiwa Biologi Bersama Pangkat Desa Aceh Tamiang dan Masyarakat Desa Paya Udang” disambut hangat dan antusias oleh pemerintah setempat dan masyarakat Desa Paya Udang. Dalam persiapan kegiatan masyarakat dan pemerintah setempat ikut serta membantu tim PHP2D. Ketua tim dan ketua Himabio mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan masyarakat Desa Paya Udang yang telah membantu dan mensukseskan acara dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut hingga 5 bulan kedepan dan berkelanjutan setelah selesai Program PHP2D.

Rencananya, dalam waktu 5 bulan ke depan, rangkaian kegiatan PHP2D oleh tim HIMABIO UNSAM meliputi pelatihan budidaya ikan air tawar, pembuatan pakan ikan dengan metode screw press, manajemen organisasi masyarakat, serta pengolahan produk ikan air tawar.

Peserta Acara Pembukaan PHP2D
Peserta Kegiatan Pembukaan Program PHP2D Himabio Unsam di Desa Paya Udang Kec. Seruway, Kab. Aceh Tamiang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *