Langsa – Prodi Biologi telah selesai melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) Siklus ke-6. Kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja prodi selama Tahun Ajaran 2020/2021. Hadir sebagai auditor yaitu Dr. Tengku Muhammad Sahudra, S.Pd., M.Pd. dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Zaki Ulya, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum.

Proses audit dilakukan secara virtual dan diikuti Koordinator Prodi Biologi dan seluruh dosen pengajar. Berbagai hasil kinerja prodi mulai dari visi misi dan kurikulum, profil baik dosen, mahasiswa, hingga luaran yang sudah dihasilkan utamanya dalam cakuptan Tri Dharma Peguruan Tinggi.

Sesuai dengan informasi yang diperoleh selama pelaksanaan audit, Prodi Biologi telah menjalankan kewajiban utamanya mulai dari mengajar, penelitian, hingga pengabdian kepada masyarakat. Proses pengajaran selama TA 2020/2021 berjalan dengan baik. Ini ditandai dengan tingkat kepuasan mahasiswa yang tinggi.

Selain itu, dalam bidang penelitian, para dosen di Prodi Biologi juga menghasilkan karya publikasi ilmiah mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Menjadi kebangaan tersendiri bahwa 13 publikasi jurnal ilmiah, sekitar 31,7% total penelitian, termasuk ke dalam kategori internasional bereputasi. Selain itu, dosen yang ada juga aktif dalam menyusun monograf dan mengikuti pertemuan ilmiah.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, para dosen juga telah melaksanakan kegiatan baik bekerja satu sama lain di Universitas Samudra, atau juga bekerja sama dengan perguruan tinggi lain.

Selesainya audit menjadikan suatu tahapan penting dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu Prodi Biologi ke depannya. Berbagai saran dan masukan dari auditor telah dicatat oleh pihak program studi dan akan dilaksanakan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *