Langsa – Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO), Prodi Biologi, Fakultas Teknik Universitas Samudra, mengadakan kegiatan webinar nasional dengan tema “Optimalisasi Pengembangan Potensi Lahan Basah Sumatera”. Kegiatan yang merupakan program kerja Divisi Penelitian HIMABIO yang diketuai oleh Ramaidani ini dilaksanakan secara daring pada Senin, 12 Juli 2021. Turut hadir dalam acara ini yaitu Koordinator Program Studi Biologi, Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si., M.Si., dan ketua HIMABIO, Asri Maulana.

Dr. Rafdinal M.Si. sedang menyampaikan materi.

Webinar nasional ini bertujuan untuk menggali pengetahuan terkait potensi dan pengembangan lahan basah Sumatra, sekaligus menjadi tambahan bekal mahasiswa terutama dalam mengabdi guna membangun perekonomian masyarakat menuju kedaulatan pangan berbasis sumber daya lahan basah.

Turut menghadirkan dua orang pemateri, yang pertama Dr. Rafdinal, M.Si. yang merupakan dosen jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Beliau memberikan pemaparan berjudul “Perspektif Pengelolaan Potensi Lahan Basah suatu Tinjauan teori dan Pengelolaan”. Isi materi mulai dari pengenalan lahan basah (wetland), manfaat, jenis-jenis, vegetasinya sampai dengan pengelolaan. Dr. Rafdinal menyampaikan bahwa lahan basah merupakan tempat pengendalian banjir dan kekeringan, melindungi garis pantai, penyedia sumber daya alam, salah satu unsur pengendali iklim global dan sebagai habitat berbagai flora serta fauna.

Pemaparan materi kedua kedua disampaikan oleh Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si., M.Si, yang juga bertindak selaku Kaprodi Biologi, Fakultas Teknik, Universitas Samudra. Beliau menyampaikan materi berjudul “Potensi Pengembangan Kawasan Pesisir Mangrove”, mulai dari manfaat, budidaya, konservasi, hingga diversifikasi olahan mangrove seperti tepung mangrove, jajanan, dan sirup.  Di bahas juga dalam kesempatan itu potensi tumbuhan nipah (Nypa fruticans) dan beragam olahannya.

Ibu Zidni Ilman Navia, S.Si., M.Si. sedang menyampaikan materi Potensi Pengembangan Kawasan Pesisir Mangrove.

Acara ini diikuti oleh sekitar 79 peserta dari kalangan siswa/i dan mahasiswa dari berbagai universitas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Acara yang berjalan kondusif ini juga memilih peserta dengan pertanyaan yang paling menarik sebagai pemenang doorprize. Tanggapan datang salah satunya dari Aldo, mahasiswa dari Universitas Tanjungpura, yang selain bertanya tentang bagaimana proses perbaikan lahan basah dan metode dalam budidaya perikanan terpadu, ia juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih pemateri dan panitia bahwa materinya menarik dan bermanfaat,” tuturnya melalui room diskusi yang disediakan oleh panitia.

Suasana ruang peserta webinar.

”Semoga kita semua terus semangat untuk belajar ditengah kemajuan teknologi walaupun dalam pandemi ini dan semoga kedepannya HIMABIO dapat membuat program-program positif lainnya terutama yang bermanfaat untuk universitas dan mahasiswa biologi khususnya”, pungkas Asri Maulana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *